Asal-usul Bangsa Arab

            Dalam sejarah bangsa Arab kata Arab ditujukan kepada kaum Badewi, dan Arab artinya Badewi. Kata arab dinisbatkan kepada Ya'rib bin Qahthan. Bangsa Arab berinduk dari bangsa Samiah (Samit), yaitu dari Sam putra Nabi Nuh a.s. Tiga putra Nabi Nuh yang menjadi induk bangsa saat ini Sam (bangsa Samit), Ham (bangsa Hamit), dan Jafis (bangsa Jafet).
Bangsa Samiah
            Sejak 3000 tahun SM yaitu masa kerajaan Babilonia, mereka dikenal sebagai ابناء الشام (Abna Asy-Syam) yang tinggal di lembah Irak antara dua sungai (Eufrat dan Tigris) dan Syam, selanjutnya bangsa ini dikenal sebagai bangsa yang berpindah-pindah. Sam bin Nuh memiliki banyak putra yang melahirkan bangsa-bangsa di kawasan Timur Tengah. Bangsa Samiah yang terkenal terdiri atas bangsa Arab, Suryani, Ibrani, Finisia, Asyuria, Babylonia, dan Habsyi. Bangsa Samiah yang masih ada saat ini adalah bangsa Arab, Habsyi, Ibrani, Suryani.
Kelompok Bangsa Arab
           Menurut keberadaannya : Arab Baidah dan Arab Baqiah. Arab Baidah adalah bangsa Arab yang telah punah seperti bangsa 'Ad dan bangsa Tsamud. Dan Arab Baqiah adalah bangsa Arab yang masih ada. Sedangkan menurut keasliannya : Arab Uraba dan Arab Musta'ribah. Arab Uraba adalah penutur asli bahasa Arab. Dan Arab Musta'ribah adalah bangsa Arab keturunan, yaitu penutur bahasa Arab pengganti bahasa nenek moyangnya.
Bangsa Arab Kawasan Utara
         Bangsa Arab yang tinggal di kawasan utara Jazirah Arabia berasal dari keturunan Nabi Ismail yang disebut Adnani atau Nazzari atau Ma'addi. Peradaban dan kehidupan mereka:
- Hidup nomaden, yaitu kehidupan Badewi yang berpindah-pindah 
- Tertutup dan terisolir dari hubungan dengan dunia luar
- Bahasa mereka terpelihara dari pengaruh bahasa luar
- Pemikirannya terbatas pada pemikiran Badewi.
Bangsa Arab Kawasan Selatan
         Bangsa Arab yang tinggal di kawasan selatan Jazirah Arabia berasal dari keturunan Yaqthan, yang disebut Yaqthani atan Qahthani. Peradaban dan kehidupan mereka:
- Berperadaban tinggi, hidup menetap bercocok tanam dan beternak
- Sudah ada kontak dengan dunia luar Jazirah arabia
- Akibat kontak dengan dunia luar, bahasa mereka mendapat pengaruh bahasa luar, seperti Habsyi, Akadiah.            Qabilah (suku) yang tinggal di Hijaz banyak kontak dengan bangsa Ibrani dan Nabathiyah
- Tingkat berpikir budaya mereka telah maju.
Kebudayaan Arab 
             Kebudayaan Arab adalah buah budi bangsa Arab dalam hidup bermasyarakat, sebagai hasil aktivitas akal mereka. Dua jenis kebudayaan, yaitu kebudayaan material atau kebendaan, dan kebudayaan non-material atau kerohanian. Unsur-unsur Kebudayaan:
- Sistem religi dan upacara keagamaan
- Sistem dan organisasi kemasyarakatan
- Sistem pengetahuan
- Bahasa 
- Kesenian
- Sistem mata pencaharian
- Sistem teknologi dan peralatan.
  
disampaikan oleh Prof. Syarif Hidayat

0 komentar:

Poskan Komentar